Heru Setianto Seorang perawat yang suka menulis dan sharing tentang traveling. Saat ini menjadi editor di Virday.com dan Nurse.co.id

Top Curug, Wisata Air dan Water Park Hits di Dieng

2 min read

Top Curug, Wisata Air dan Water Park Hits di Dieng

Virday.com – Pesona akan wisata budaya Dieng memang selalu menarik untuk disimak. Namun wisata alam Dieng juga tak kalah menarik untuk diulas loh. Terutama wisata air seperti Curug (Waterfalls) atau orang Indonesia lebih mengenal dengan sebutan Air Terjun.

Sementara masyarakat Dieng lebih akrab dengan sebutan Curug. Mendengar kalimat Curug  pasti sudah terbayang akan derasnya air mengalir dari atas tebing. Di Dieng yang dikenal sebagai ‘Negeri di Atas Awan’ terdapat air terjun loh.

Mulai dari Curug Sirawe yang dikenal akan keindahan lokasinya yang masih alami. Hingga Curug Sikarim yang memang kerap dipakai sebagai jalur trekking oleh para wisatawan. Hinga wahana kolam air hangat di Dieng bernama ‘D’qiano Water Park’.

1. D’qiano, Hot Sping WaterPark Tertinggi di Indonesia

D’qiano Water Park adalah sebuah wahana wisata air tengah hits yang ada di dataran tinggi Dieng berupa kolam air panas (Hot Spring Water Park). Bahkan D’qiano mendapat predikat sebagai wisata air panas paling tinggi di Indonesia.

Menarik bukan, dengan susana Dieng yang dikenal memiliki udara dingin. D’qiano Water Park menjadi pelepas lelah setelah puas berwisata di kawasan Dieng. Wahana ini dikelilingi oleh pemandangan bukit dan pegunungan yang sangat indah.

D’qiano Water Park sendiri tak hanya menyediakan kolam air panas saja. Wahana kolam permainan, tempat santai, resto, penginapan juga tersedia disini.

Bagi yang tertarik berlibur kesini wahana air yang tengah hits tersebut. Obyek wisata D’qiano Water Park terletak di Batur, kurang lebih berjarak 3-4 km dari kawasan wisata Dieng.

2. Curug Sikarim, Jalur Hiking Palinga Asyik di Dieng

Air terjun merupakan salah satu wisata alam yang ada di kawasan wisata Dieng. Curug Sikarim misalnya, wisata air yang terletak di bawah Desa berjuluk ‘Desa Tertinggi di Pulau Jawa’ yakni Desa Sembungan.

Dikenal akan keindahan air terjunnya yang mengalir deras ke bawah. Curug yang satu ini berada di wilayah Kabupaten Wonosobo.

Biasanya saat wisatawan puas menikmati Golden Sunrise di Bukit Sikunir, Desa Sembungan. Kerap kali para wisatawan berkunjung ke Curug Sikarim.

Salah satu kelebihan dari Curug Sikarim adalah jalur yang dilalui sangat indah. Bahkan sering dipakai oleh wisatawan sebagai jalur hiking. Tak hanya itu, jalur menuju Curug Sikarim juga kerap menjadi jalur trekking sepeda gunung.

3. Curug Sirawe, Air Panas dan Air Dingin Menyatu

Air yang mengalir di Curug Sirawe, kabarnya berasal dari perpaduan air panas dan air dingin loh. Wisata alam ini terletak di Desa Kepakisan, tepatnya di Dusun Bitingan.

Bagi yang tertarik untuk berkunjung ke wisata air terjun ini. Lokasi Curug Sirawe, jika dari pusat wisata Dieng terletak di sebelah barat.

Baca: Top Gua-Gua Penuh Misteri dan Mitos di Dieng Terbongkar

Saat wisatawan berkunjung di Curug Sirawe, pesona alam yang masih asri dan alami akan menyambut mereka. Mengingat air terjun ini memang berada dipegunungan, yang masih dikelilingi oleh hamparan tumbuhan hijau.

4. Gangsiran Aswatama, Lorong Bawah Tanah di Dieng

Tak seperti Curug Sirawe, Curug Sikarim ataupun wahana air D’qiano Water Park, obyek wisata ‘Gangsiran Aswatama’ cukup unik untuk diulas. Terutama tentang cerita dan latar belakang dari pembuatan Gangsiran Aswatama.

Gangsiran Aswatama kabarnya adalah sebuah lorong bawah tanah di Dieng yang terbuat dari batu. Sementara fungsi dari Gangsiran Aswatama ini konon katanya untuk mengalirkan air Danau Balekambang.

Tepatnya fungsi dari Gangsiran Aswatama untuk mencegah percandian di Dieng tenggelam, dengan mengendalikan air dan menjadikan Gangsiran ini sebagai jalan keluarnya. Jadi Gangsiran bisa diartikan sebagai lorong bawah tanah.

Sebelumnya, obyek wisata ini berada di wilayah Kabupaten Banjarnegara. Pemberian nama ‘Aswatama’ konon, diambil dari salah satu nama tokoh pewayangan. Sosok Aswatama sendiri merupakan Putra dari Pandhita Drona.

Baca: Top Mata Air dan Sumur Tua Melegenda di Dieng

Oh yah, Sebenarnya di Dieng juga ada beberapa mata air dan sumur tua yang terkenal loh. Mulai dari Tuk Bima Lukar hingga Sumur Jalatuda yang tak kalah menarik.

Mungkin cukup sampai disini ulasan dari wisata air di atas, semoga menjadi panduan saat berlibur.

Heru Setianto Seorang perawat yang suka menulis dan sharing tentang traveling. Saat ini menjadi editor di Virday.com dan Nurse.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *