Heru Setianto Seorang perawat yang suka menulis dan sharing tentang traveling. Saat ini menjadi editor di Virday.com dan Nurse.co.id

Top Gua-Gua Penuh Misteri dan Mitos di Dieng Terbongkar

2 min read

Top Photos of Mysteries and Myths in Dieng Uncovered - Gua-Gua Semar Indonesia - www.virday.com

Virday.com – Dataran tinggi Dieng adalah salah satu wilayah di Jawa Tengah yang dikenal memiliki deretan gua-gua penuh cerita mistis dan misteri turun-temurun. Goa-goa atau gua-gua di Dieng sendiri memang terbentuk dari hasil alam letusan gunung Dieng kala itu.

Sampai saat ini beberapa goa-goa tersebut masih dianggap keramat oleh warga sekitar di Dieng. Mulai dari Goa Semar yang letaknya berdekatan dengan Kawah Candradimuka, goa ini dipercaya oleh warga selalu dijaga oleh Eyang Semar.

Hingga Goa Pengantin yang juga menyimpan mitos tentang sepasang kekasih akan berjodoh, jika mereka berkunjung ke goa tersebut. Menariknya, masih ada beberapa list goa-goa lain menyimpan cerita apik akan diluas.

1. Goa Semar, Selalu Dijaga oleh Eyang Semar

Goa Semar merupakan salah satu brand market cukup dikenal dibanding goa-goa lain di Dieng. Hal tersebut tampak dari jumlah pengunjung yang kerap dating untuk berwisata di Goa Semar.

Tampak saat berkunjung di Goa Semar, langsung akan terlihat sebuah Arca menyerupai sosok pewayangan. Tak lain ia adalah Semar, salah satu dari Punakawan yang dikenal akan kebijaksanaannya.

Goa yang terletak di sekitar kawasan wisata Telaga Warna dan Telaga Pangilon tersebut. Masih dipercaya oleh beberapa orang untuk tempat bersemedi. Konon katanya, dapat memberikan keselamatan.

Baca: Top Kawah Aktif Paling Eksotis di Dieng, Si Naga yang Tertidur

Sebelumnya di dekat Goa Semar juga terdapat Kawah Candradimuka. Menurut cerita dalam dunia perwayangan, kawah tersebut sebagai tempat Gatutkaca dimandikan.

2. Goa Pengantin, Simbol Jodoh Sepasang Kekasih

Berbeda dengan Goa Semar yang dipercaya mampu memberikan keselamatan. Goa Pengantin justru memiliki mitos, dimana mitos tersebut sesuai dengan nama dari goa tersebut yakni ‘Pengantin’.

Menurut kepercayaan warga setempat, jika sepasang kekasih berdiri bersama-sama di dalam Goa Pengantin. Maka keduanya sepasang kekasih tersebut akan berjodoh.

Diceritakan secara turun-temurun, bahwa Goa Pengantin merupakan tempat bertemunya dua insan. Kedua orang tersebut menurut sejarah, yakni Bathara Kumojoyo dan Dewi Ratih.

3. Goa Jaran, Simbol Mendapat Keturunan

Sama halnya dengan kedua goa-goa sebelumnya, baik Goa Semar ataupun Goa Pengantin. Goa Jaran juga menyimpan misteri yang tersimpan secara turun-temurun.

Pemberian nama Goa Jaran yang berasal dari bahasa Jawa, atau Goa Kuda (Hewan Kuda) dalam Bahasa Indonesia. Sebenarnya tidak menampakan goa yang berbentuk Kuda, namun tampak seperti goa pada umumnya.

Konon katanya, pemberian nama Goa Jaran. Berasal dari kisah seekor kuda yang masuk ke dalam goa tersebut. Namun saat keluar dari goa, kuda tersebut keluar dalam kondisi tengah mengandung atau hamil.

Hal tersebutlah yang membuat Goa Jaran dipercaya beberapa pengunjung. Menjadi tempat untuk meminta bagi seorang pasangan yang menginginkan keturunan. Terutama bagi pasangan yang sudah menikah lama, namun belum dikarunia anak.

4. Goa Jimat, Gudang Senjata Milik Prabu Baladewa

Tak seperti Goa Jaran ataupun Goa Pengantin yang dipercaya memiliki mitos baik. Lain halnya dengan goa yang diberi nama Goa Jimat ini. Goa yang dipercaya warga setempat sebagi tempat gudang senjata milik dari Prabu Baladewa.

Namun mitos lain mengisahkan kalau goa tersebut dipercaya sebagai tempat dikuburnya sejata mengerikan berupa Jimat. Tepatnya senjata tersebut milik salah satu tokoh pewayangan bernama Aswatama, yang berhasil dikalahkan oleh Arjuna.

Sementara dari segi ilmiah, beberapa peneliti luar negeri bahkan telah melakukan penelitian beberapa tahun lalu. Mulai dari J.F Niermeyer dan E. Jacobson pada tahun 1907 silam, berhasil mengukur ketinggian lapisan gas beracun di dalam goa mencapai 2 meter.

Baca: Top Fenomena dan Event Menakjubkan Hanya Terjadi di Dieng

Meskipun terdengar agak menakutkan, namun keberadaan Goa Jimat di Dieng menjadi cerita misteri tersendiri bagi yang mempercayainya. Bagi orang modern saat ini, mungkin beberapa di atas hanya mitos belaka. Tapi yang penting, warisan budaya harus tetap dijaga.

5. Goa Sumur, Tak Sembarang Orang Dapat Masuk

Sebelumnya masih ada goa-goa lain yang patut perlu diungkap ekstitensinya. Salah satunya seperti Goa Sumur, dianggap sebagi goa sangat sakral di Dieng. Bahkan tak sembarang pengunung boleh masuk, hanya orang tertentu yang mendapat ijin dari guru kunci tentunya.

Selain wisata alam berupa goa-goa yang menakjubkan. Dieng juga terkenal sebagai wilayah di Indonesia, pemiliki kawah aktif cukup banyak dibanding tempat lain. Mulai dari Kawah Candradimuka, Kawah Sikidang hingga Kawah Sileri.

Baca: Top 4 Makanan Khas Dieng Paling Enak, Awas Ketagihan

Meskipun masih aktif, kawah menjadi salah satu obyek wisata alam cukup diminati di Dieng. Termasuk Goa Jimat yang dikenal akan gas beracunnya.

Namun hal tersebut justru menjadi daya Tarik tersendiri bagi pesona akan wisata di destinasi berjuluk ‘Negeri di Atas Awan’.

Heru Setianto Seorang perawat yang suka menulis dan sharing tentang traveling. Saat ini menjadi editor di Virday.com dan Nurse.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *