Heru Setianto Seorang perawat yang suka menulis dan sharing tentang traveling. Saat ini menjadi editor di Virday.com dan Nurse.co.id

Info Rute Ke Dieng dari Solo, Magelang, Yogyakarta

2 min read

to Dieng Wonoso from Yogyakarta

Virday.com – Dieng dikenal sebagai ‘Negeri di Atas Awan’, lantaran Dieng Plateau berada pada ketinggian 2.000 m di atas permukaan laut. Kawasan wisata Dieng masuk wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo.

Kepopuleran akan pesona Dieng, nyatanya juga membius wisatawan lokal untuk berkunjung. Mulai dari Kota Solo, Semarang, Magelang, Yogyakarta, Jakarta hingga Bandung loh. Rela menempuh perjalanan jauh demi menikmati keindahan pesona Dieng.

Sosial media adalah salah satu yang membuat destinasi wisata di Dieng tengah hits dan viral saat ini. Wisatawan yang digoda oleh para wisatawan lain yang tengah berlibur di Dieng. Terutama unggahan dari spot-spot foto yang Instagramable di Dieng.

Tercatat di destinasi Dieng yang dikenal ada ratusan obyek wisata, nyatanya spot foto yang Instagramable mudah ditemui loh. Nah kali ini, penulis akan berbagai informasi panduan terkait rute menuju Dieng bagi wisatawan yang berasal dari luar kota.

1. Rute Perjalanan dari Kota Solo, Surakarta Ke Dieng

Banyak ditemukan peninggalan berupa candi di dataran tinggi Dieng, membuat tempat ini mendapat julukan ‘Negeri Seribu Candi’. Bahkan tak sedikit yang menyebut Dieng sebagai Negeri para Dewa.

Bagi wistawan yang datang dari Kota Solo, dan berencana berlibur ke Dieng. Jalur melalui rute via Kota Wonosobo melalui Kecamatan Kejajar adalah pilihan terbaik dan terdekat.

Dari Kota Solo menuju Kabupaten Wonosbo, wisatawan akan menempuh jarak yang lumayah jauh. Kurang lebih sekitar 180 km, dengan estimasi perjalanan membutuhan waktu sampai 6 jam dengan kendaraan umum.

Jalur yang akan dilewati menuju Dieng. Baik oleh wisatawan yang memakai kendaraan pribadi, ataupun kendaraan umum. Sama-sama melewati jalur yang sama.

Mulai dari Solo – Kartasuro, bagi yang memakai kendaraan umum bisa menaiki Bus jurusan Solo – Purwokerto yang melewati Wonosobo di Terminal Tirtonadi.

Setelah itu, wisawatawan akan melewati Boyolali – Ampel. Baru melanjutkan perjalanan melewati Salatiga, hingga sampai di Ambarawa via Bawen. Kemudian memilih rute Secang, Temanggung dan melewati Parakan.

Baca: Info Rute Singkat, Alternatif dan Termudah ke Wisata Dieng

Dan sampailah di Kertek, Wonosobo, bagi yang menaiki Bus maka akan turun di Terminal Mendolo. Perjalanan menuju ke Dieng, dapat menaiki microbus jurusan Dieng.

Bagi yang menaiki kendaraan pribadi, wisatawan dapat langsung menuju ke Kota Wonosobo. Sebelum akhirnya sampai di Dieng via Kejajar.

2. Rute Perjalanan dari Kota Yogyakarta dan Magelang Ke Dieng

Berhubung Kota Magelang dan Kota Yogyakarta masih satu jalur, maka penulis akan mengulas secara bersama. Saat menentukan rute terbaik saat akan berlibur ke destinasi wisata Dieng.

Secara umum, rute yang akan dilalui oleh wisatawan yang berasal dari Yogyakarta, Magelang dan kota-kota disekitarnya menuju ke Dieng.

Dari Kota Yogyakarta hingga sampai di Deing, wisatawan akan menempuh jarak sekitar 120 km. Kemudian estimasi perjalanan, membutuhan waktu kurang lebih sekitar 4 jam.

Mulai dari Kota Yogyakarta melintasi Sleman, kemudian baru melewati Kota Magelang. Setelah itu memilih rute ke arah Secang, hingga sampai di Kota Wonosobo.

Dan dari Kota Wonosbo, baru dilanjutkan ke arah Kecamatan Kejajar untuk sampai ke Dieng.

Bagi wisawatan dari Yogyakarta yang menggunakan kendaran umum, maka wisatawan dapat memulai perjalan dengan menaiki Bus di Terminal Giwangan atau di Terminal Jombor. Wisatwan dapa memilih Bus jurusan Antar Kota.

Rute yang dilalui oleh wisatawan yang memakai kendaraan umum juga sama.

Selain lewat Magelang, wisatawan dari Yogyakarta juga dapat melewati rute via Purworejo. Estimasi waktu melalui jalur alternatif ini masih relatif sama dengan via Magelang.

Sebenarnya untuk mencapai Dieng, dapat melalui tiga plihan rute jalur tercepat.

Pertama melalui jalur via Kota Banjarnegara melalui Wanayasa, dan kedua via kota Wonosobo melalui Kejajar, dan terkahir Kabupaten Pekalongan via Bantang.

Sebelumnya bagi wisatawan yang datang dari Jakarta, Bandung, Cirebon, Semarang dan Jepara, bisa membaca panduan rute ke Dieng berikut. Silahkan cek pada artikel panduan rute rekomendasi di bawah ini.

Baca: Info Rute Ke Dieng dari Jakarta, Bandung, Semarang

Saat ini destinasi wisata Dieng tak bisa dipandang sebelah mata lagi. Tercatat Dieng menjadi salah satu obyek wisata yang tenga hits berada di Jawa Tengah.

Bahkan konon katanya, Dieng sempat diperebutkan oleh Kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo. Sekian informasi tentang rute perjalanan kali ini, semoga bermanfaat.

Mari vote dan nilai tempat ini 🙂
[Vote: 2 ]
Heru Setianto Seorang perawat yang suka menulis dan sharing tentang traveling. Saat ini menjadi editor di Virday.com dan Nurse.co.id

4 Replies to “Info Rute Ke Dieng dari Solo,…”

  1. Gak bisa dipungkiri, memang Dieng merupakan salah satu destinasi favorit di tanah air. Kalau ada info rute menuju kesana tentu cukup membantu

    1. Setuju, Dieng memang mulai dikenal luas akhir-akhir ini
      Kata kunci Dieng di situs pencarian Google, telah diketikan oleh ratusan ribu orang setiap pekannya
      Semoga saja, dapat membantu 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *