Heru Setianto Seorang perawat yang suka menulis dan sharing tentang traveling. Saat ini menjadi editor di Virday.com dan Nurse.co.id

Info Rute Ke Dieng dari Jakarta, Bandung, Semarang

2 min read

Foto Info Info Rute Ke Dieng dari Jakarta, Bandung, Jogja, Semarang - Gardu Pandang Wonosobo - www.virday.com

Virday.com – Banyak yang bertanya, Dieng itu dimana? Kerap kali wisatawan dari Jakarta, Bandung, Semarang dan Jepara langsung mengira bahwa Dieng berada di Kabupaten Wonosobo.

Memang benar, tapi faktanya. Kawasan wisata Dieng juga masuk wilayah Kabupaten Banjarnegara loh. Konon tempat wisata Dieng, sempat diperebutkan oleh kedua Kabupaten tersebut.

Oke, Apakah Dieng sudah masuk wish list wisata yang akan dikunjungi? Kalau sudah, yuk kenali rute yang harus dilalui untuk sampai ke lokasi. Terutama bagi wisatawan yang berasal dari Kota-Kota besar di Indonesia.

Bagi yang ingin berlibur ke Dieng. Terdapat dua pilihan rute jalur tercepat. Pertama lewat jalur via Kota Banjarnegara melalui Wanayasa, dan kedua via kota Wonosobo melalui Kejajar.

1. Rute Perjalanan dari Kota Jakarta dan Bandung Ke Dieng

Sebelumnya, untuk sampai ke dataran tinggi Dieng. Wisatawan akan langsung diberi dua pilihan jalur rute yang akan dilalui. Keduanya termasuk jalur tersingkat untuk sampai ke wisata Dieng.

Namun, jika wisatawan yang datang dari Jakarta, Bandung, Cirebon, dan Kota di sekitarnya.

Maka rute via Kota Banjarnegara adalah pilihan terbaik. Sementar jika melalui via Kota Wonosobo, maka wisatawan akan membutuhkan waktu lebih lama.

Biasanya para wisatawan yang berasal dari kota-kota di atas. Kerap kali datang menggunakan angkutan umum Kereta Api dan Bus yang turun di Kota Purwokerto.

Dari kota ini, wisatawan bisa menggunakan angkutan umum seperti Bus untuk sampai ke Dieng.

Perkiraan jarak yang akan dilalui dari Purwokerto hingga ke Dieng, menempuh jarak sekitar 120 km. Bagi yang memakai kendaraan rental ataupun pribadi, bisa langsung melanjutkan perjalanan via Kota Banjarnegara.

Rute yang akan dilalui adalah melalui Kota Banjarnegara, kemudian melewati Karangkobar. Setelah sampai di Wanayasa, tinggal beberapa km lagi sampai di Dieng.

Estimasi waktu yang dibutuhkan dari Kota Banjarnegara sampai Dieng sekitar 2 jam perjalanan.

Baca: Info Rute Singkat, Alternatif dan Termudah ke Wisata Dieng

Sementara bagi wistawan yang menggunakan angkutan umum. Rute yang dilalui, masih sama. Dari Terminal Purwoketo sampai Terminal Banjarnegara, hingga ke Dieng via Karangkobar -Wanayasa.

2. Rute Perjalanan dari Kota Semarang dan Jepara Ke Dieng

Wisatawan yang datang dari Semarang, Demak, Pati, Kudus, hingga Jepara. Maka rute via Kota Wonosobo adalah pilihan tercepat.

Hal tersebut lantaran rute ini adalah rute terpendek, daripada wistawan harus berputar-putar jika melalu rute via Kota Banjarnegara.

Biasanya wisatawan dari arah Semarang yang menggunakan kendaraan pribadi. Kerap kali menuju Dieng, lebih memilih jalur alternatif tercepat.

Rute tersebut terbilang cukup ekstrim, lantaran harus melewati jalan pegunungan yang cukup curam. Namun jarak tempuh yang dilalui akan lebih pendek dibanding melewati jalan biasa.

Rute tersebut yakni via Bandungan, wisatawan yang dari Semarang langsung menuju ke Ungaran. Kemudian belok kearah Bandungan, hingga melewati daerah pegunungan Sumowono yang dikenal akan kabut tebalnya.

Setelah itu, wisatawan melajutkan perjalanan via Temanggung melalui Ngadirejo hingga Jumprit. Maka akan sampai di Tambi, yang sudah masuk wilayah Wonosobo.

Setelah itu perjalanan dilanjutan kearah Kejajar, sebelum akhirnya sampai di Dieng.

Sementara bagi wisatawan yang menggunakan angkutan umum seperti Bus. Maka rute yang akan dilalui lebih baik menggunakan rute biasa.

Bus jurusan Semarang – Purwokerto bisa menjadi pilihan, lantaran nantinya Bus ini akan melewati Wonosobo.

Rute yang akan dilalui jika menggunakan angkutan umum, dimulai dari Semarang – Ungaran – Bawen – Ambarawa – Secang – Temanggung – Parakan – Kretek – Terminal Mendolo Wonosobo.

Estimasi waktu yang dibutuhkan dari Semarang sampai Wonosobo sekitar 3,5 jam perjalanan. Nah setelah wisatawan sampai di terminal ini, maka dapat melanjutkan perjalanan dengan menaiki mikrobus jurusan Dieng.

Setelah sampai ditujuan, maka wisatawan akan disuguhkan ratusan wisata yang di dataran tinggi Dieng.

Selain dikenal sebagai ‘Negeri Seribu Candi’, dikarenakan banyak ditemukan peninggalan berupa candi.

Dieng ternyata dijulukan ‘Negeri di Atas Awan’, hal tersebut lantaran Dieng Plateau berada di ketinggian 2.000 m di atas permukaan laut

Baca: Top 4 Makanan Khas Dieng Paling Enak, Bikin Ngiler

Wisata kuliner khas dari Dieng yang terkenal akan kehangatannya, patut untuk dicoba. Sekian informasi kali ini, semoga bisa menjadi panduan dalam perjalanan.

Heru Setianto Seorang perawat yang suka menulis dan sharing tentang traveling. Saat ini menjadi editor di Virday.com dan Nurse.co.id

2 Replies to “Info Rute Ke Dieng dari Jakarta,…”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *