Heru Setianto Seorang perawat yang suka menulis dan sharing tentang traveling. Saat ini menjadi editor di Virday.com dan Nurse.co.id

Top Kawah Aktif Paling Eksotis di Dieng, Si Naga yang Tertidur

2 min read

Foto Top Kawah Aktif Paling Eksotis di Dieng, Indonesia Si Naga yang Tertidur - Kawah Candradimuka - www.virday.com

Virday.com – Dataran tinggi Dieng adalah salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki kawah paling banyak dibanding tempat lain. Kawah Candradimuka, Kawah Sikidang sampai Kawah Sileri merupakan kawah di Dieng paling dikenal publik.  

Bahkan beberapa kawah di Dieng tersebut, tercatat masih aktif hingga saat ini. Aktivitas vulkanik dari kawah-kawah tersebut terlihat jelas. Meskipun masih aktif, kawah menjadi salah satu obyek wisata alam cukup diminati di Dieng.

Hal tersebut tampak saat berkunjung ke kawasan wisata Dieng di Jawa Tengah. Dibalik keindahan dan keeksotisan dari kawan-kawah di Dieng. Nyatanya kawah tersebut masih aktif, dan kerap dipanggil dengan ‘Naga yang Tertidur’.

Terlepas dari berita terkait aktivitas gas di salah satu kawah beberapa waktu yang lalu. Berikut wishlist terkait obyek wisata kawah yang perlu di kunjungi di Dieng.

1. Kawah Candradimuka Tempat Gatutkaca Mandi

Kawah Candradimuka terletak sekitar 6 km dari Kompleks Candi Arjuna, tepatnya di Desa Pekasiran, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Letak dari Kawah Candradimuka persisi didekat dengan Gua Semar.

Menurut cerita dalam dunia perwayangan, Kawah Candradimuka merupakan tempat dimandikannya tokoh pewayangan Gatutkaca. Bahkan legenda akan kisah tersebut masih dipercaya oleh masyarakat Dieng.

Dikisahkan berkat dimandikannya Gatutkaca di Kawah Candradimuka, membuat dirinya mendapat kesaktian yang luar biasa.

Sampai saat ini Kawah Candradimuka dikenal sebagai salah satu kawah yang masih aktif, dan selalu mengeluarkan kepulan asap putih tebal.

2. Kawah Sikidang Tempat Favorit Wisata Alam di Dieng

Dibandingkan dengan kawah-kawah lain yang ada di datarang tinggi Dieng, Kawah Sikidang bisa dikatakan sebagai wisata alam kawah terfavorit. Selain lokasi yang mudah diakses, pemandangan alam disekitar kawah mampu menghipnotis wisatawan.

Kawah Sikidang adalah sebuah kawah vulkanik yang tepat berada di sebuah lubang besar. Kerap kali tampak lava dan air berwarna agak keruh seperti tengah meloncat-loncat. Hal tersebutlah yang membuat kawah itu dipanggil dengan nama Kawah Sikidang (Kijang).

Selain disuguhkan menu utama berupa kawah yang masih aktif, disekitar lokasi terhampar dataran putih berupa endapan belerang. Makah hal wajar jika wisawatan mencium aroma tak sedap dari bau belerang tersebut.

Namun tak masalah, setelah wisatawan terbayarkan dengan melihat kawah aktif dengan mata telanjang. Dan yang pasti, dapat melihat dengan jarak cukup dekat tentunya.

Maka disarankan untuk para wisatwan membawa masker (penutup hidung) sendiri.

Jika lupa atau tak sempat membawa, tenang saja. Disekitar lokasi, beberapa pedagang menjual masker yang memang disediakan secara khusus untuk wisatawan.

3. Kawah Sileri, Kawah Terbesar di Dieng

Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Kawah Sileri ini, memang harus menempuh jarak lumayan agak jauh. Tak seperti Kawah Sikidang yang memang mudah dijangkau dan dekat dengan pusat Wisata di Dieng.

Kawah yang terletak di Pegunungan Pagerkadang, tepatnya di Desa Kepakisan, Batur, Kabupaten Banjarnegara. Untuk mencapai lokasi tersebut, wisatawan harus menmepuh perjalanan sekitar 7 km dari kompleks candi Arjuna.

Kawah Sileri dinobatkan sebagai kawah terbesar di dataran tinggi Dieng. Hal tersebut lantaran luas kawah yang mencapai sekitar 4 hektar.

Baca: Wow, Gunung Prahu Jadi Wisata Pendakian Terpopuler di Dieng

Sebelumnya diberi nama Kawah Sileri, konon katatnya disebabkan oleh warna dari kawah yang menyerupai air cucian beras (leri). Saat melihat secara langsung Kawah Sileri, maka akan tampak warna kawah yang memang tampak keabu-abuan.

4. Kawah Timbang, Sempat Mengeluarkan Gas Beracun

Kawah Timbang sempat menjadi bahan pemberitaan media daring nasional, lantaran kala itu kawah tersebut sempat mengeluarkan gas bercaun. Tepatnya sekitar tahun 2013 silam. Hal inilah yang membuat namanya kian dikenal oleh publik.

Kawah yang terletak di Desa Batur, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara tercatat sebagai salah satu kawah aktif yang berada di kawasan wisata Dieng.

Baca: Wow, Golden Sunrise Sikunir Dieng Terindah di Asia Tenggara

Meskipun tak seramai kunjungan Kawah Sikidang, kawah ini masih menjadi kerap dikunjungi bagi wisatawan yang penasaran. Sebenaranya masih banyak kawah di Dieng yang belum ter-ekspos media.

Salah satunya Kawah Sibanteng dan kawah-kawah lainnya yang memang kurang populer. Hal inilah yang menjadi pekerjaan rumah bagi Dinas Pariwisata terkait untuk mengenalakan kepada wisawatan akan keeksotisan kawah-kawah di Dieng.

Oh iya, membahas pesoan wisata di destinasi berjuluk ‘Negeri di Atas Awan’ menang tak ada habisnya. Mulai dari fenomena alam seperti kabut abadi, embun upas (embun membeku) hingga deretan kawah yang masih aktif bakNaga yang tertidur‘.

Baca: Top Fenomena dan Event Menakjubkan Hanya Terjadi di Dieng

Mari vote dan nilai tempat ini 🙂
[Vote: 2 ]
Heru Setianto Seorang perawat yang suka menulis dan sharing tentang traveling. Saat ini menjadi editor di Virday.com dan Nurse.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *