Heru Setianto Seorang perawat yang suka menulis dan sharing tentang traveling. Saat ini menjadi editor di Virday.com dan Nurse.co.id

Top 4 Makanan Khas Dieng Paling Enak, Awas Ketagihan

2 min read

Top 4 Makanan Khas Dieng Paling Enak, Awas Ketagihan - Mie Ongklok - Virday.com

Virday.com – Puas jelajah ratusan objek wisata di dataran tinggi Dieng. Atau malahan hanya berkunjung sesuai wishlist saja. Tak masalah. Asal jangan lewatkan Wisata Kuliner Khas yang ada tempat wisata di Dieng yah.

Setelah puas berwisata kuliner, baru melanjutkan wisata budaya atau wisata alam di Dieng. Dari sekian wisata yang ada di dataran tinggi Dieng. Keindahan Kompleks Candi Arjuna dan spot Sunrise dari Bukit Sikunir adalah rekomendasi yang wajib dikunjungi.

Kembali ke wisata kuliner, Dieng ternyata menyimpan hidangan makanan khas yang menggoda. ‘Mie Ongklok’ adalah salah satu makanan paling diburu oleh wisatawan saat berlibur di Dieng. Tentu saja, tak hanya Mie Ongklok yang wajib wisawatan buru loh.

1. Kelezatan Mie Ongklok Tiada Duanya

Mie Ongklok adalah sebuah mie rebus khas dari Kabupaten Wonosobo, terutama di kawasan wisata Dieng khususnya. Salah satu yang menarik dari Mie Ongklok yakni guyuran kuah yang tampak kental di menu makanan tersebut.

Kabarnya kuah Mie Ongklok tersebut dibuat dari racikan kanji dengan gula jawa dan berbagai rempah-rempah. Tak lupa, taburan bawang goreng dan merica di atas Mie Ongklok. Bagi penyuka makanan pedas, biasanya tersedia cabe rawit juga.

Saat menyantap Mie Ongklok, kurang lengkap rasanya. Jika tanpa adanya sate sapi, tempe kemul (mendoan) hingga geblek. Sebelumnya geblek merupakan sebuah camilan dengan tekstur kenyal dan terbuat dari singkong.

Pemberian nama ‘Mie Ongklok’ dilatarbelakangi dari cara memasak dan penyajian mie rebus yang unik. Dimana mie rebus tersebut dimasak dengan dicelup-celupkan ke air yang mendidih. Kemudian baru disajikan ke dalam mangkok, dan diguyur dengan kuah.

2. Meningkmati Tempe Kemul, Tak Cukup Satu Potong

Tempe Kemul adalah sebuah makanan khas dari Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara, terbuat dari tempe yang digoreng dengan tepung dan bahan lain. Di daerah lain, Tempe Kemul sering disebut sebagai Mendoan.

Mendoan sendiri dikenal sebagai tempe goreng yang berukuran agak besar. Sementara Tempe Kemul di Dieng memiliki ukuran yang cukup tipis. Dan diselimuti oleh tepung dan campuran irisan daun bawang serta bahan lainnya.

Saat mengunyah Tempe Kemul di mulut, ada sensasi kerenyahan berbeda. Bahkan Tempe Kemul kerap menjadi pendamping wajib saat menyantap Mie Ongklok. Seperti yang penulis sebutkan sebelumnya.

Harga dari Tempe Kemul sendiri relatif murah, cocok untuk kantong para wisatawan tentunya. Menikmati Tempe Kemul saat kondisi masih panas, di tengah kondisi dinginnya dataran tinggi Dieng. Suasana yang akan berkesan bagi para wisatawan.

3. Soto Batur, Mengoyang Lidah Anda

Soto Batur adalah sebuah soto khas dari Batur, Dieng. Lalu, apa yang membedakan Soto Batur dengan soto pada umumnya di daerah lain.Ternyata rasa dari Soto Batur yang cukup khas, tepatanya rasa sapi yang lebih dominan di lidah.

Hal tersebut wajar, lantaran daging sapi memang daging yang sering dipakai saat mebuat Soto Batur.

Baca: Top Oleh-Oleh dan Tanaman Langka Khas di Wisata Dieng

Tak hanya perpaduan kaldu dan sayuran, membuat Soto Batur memiliki rasa yang nikmat. Ditambah dinikmati saat kondisi panas, di tengah suhu dingin di dataran tinggi Dieng. Pastinya, membuat lidah wisatawan agar terus bergoyang.

4. Sayur Lombok Ijo, Masakan Sederhana Tapi Wow

Setelah penulis menggoda dengan deretan makanan khas di atas. Mulai dari Mie Ongklok, Tempe Kemul serta Soto Batur. Makanan khas lain dari Dieng yang perlu wisatawan coba, yakni makana sederhana yang biasa dimasak oleh Ibu saat di rumah.

Yah, apa lagi kalau bukan sayur Lombok hijau. Dimana orang Dieng kerap menyebutnya dengan nama ‘Sayur Lombok Ijo’. Bumbu dapur rumahan seperti cabai, merupakan resep makanan yang biasanya dipakai saat membuat menu makanan ini.

Namun yang membuat Sayur Lombk Ijo ini spesial. Soto ini kerap dikombinasi dengan bahan makanan lain. Mulai dari kikil, tahu, dan beberapa jenis ikan tertentu. Bagi yang ingin menikmati makan ini, biasanya tersedia di warung-warung dekat kawasan wisata Dieng.

Baca: Wow, Gunung Prahu Jadi Wisata Pendakian Terpopuler di Dieng

Sekian daftar makanan khas dari Dieng yang wajib dicoba oleh para wisatawan. Sebenarnya masih ada beberapa menu makanan lain. Mungkin kelak, tulisan ini akan saya update kembali untuk menambahkan list ‘Top Makanan Khas di Dieng’.

Heru Setianto Seorang perawat yang suka menulis dan sharing tentang traveling. Saat ini menjadi editor di Virday.com dan Nurse.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *