Heru Setianto Seorang perawat yang suka menulis dan sharing tentang traveling. Saat ini menjadi editor di Virday.com dan Nurse.co.id

Top View 8 Telaga Terindah di Puncak Dataran Tinggi Dieng

2 min read

Top View 8 Telaga Terindah di Puncak Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah, Indonesia - www.virday.com

Virday.com – Dieng Plateu selain dikenal akan kompleks candi Arjuna yang megah. Kepopuleran dan keindahan dari Telaga di Dieng tak perlu diragukan lagi. Wisatawan lokal hingga luar negeri, sudah tak asing dengan nama Telaga Warna hingga Telaga Dringo.

Melihat pesona indah telaga di dataran tinggi. Hanya dapat ditemui di beberapa tempat saja. Termasuk di kawasan dataran tinggi Dieng. Tempat suci yang sempat menyandang julukan “Bumi Seribu Candi”. Menyimpan wisata alam keren berupa telaga di puncak bukit.

Di bagian dataran tinggi Dieng sebelah timur, terdapat sebuah mata air yang diberi nama Tuk Bima Lukar. Air yang mengalir dari mata air tersebut, mengalir ke bawah menuju Sungai Serayu. Bahkan Sungai Serayu adalah sungai terbesar dan terpanjang di Jawa Tengah.

1. Telaga Warna

Telaga Warna merupakan salah satu telaga paling populer di kawasan wisata Dieng. Pemberian nama Telaga Warna, dikarenakan adanya fenomena alam pada air di telaga. Diketahui air di telaga warana, mengandung sulfur yang cukup tinggi.

Hal inilah yang membuat Telaga Warna saat tekena sinar matahari, tampak berwarna warni. Kadang menampakan warna kuning, warna hijau hingga warna pelangi. Telaga Warna ini sudah masuk di kawasan Kabupaten Wonosobo.

Pengambilan angel pemandangan Telaga Warna, di samping pohon tumbang. Menjadi view foto paling ikonik di telaga ini, Namun beberapa taun belakang. Pengambilan angel telaga dari atas bukit Batu Ratapan Angin, di belakang Dieng Theater tengah hits.

2. Telaga Pengilon

Mengabadikan angle foto dari atas bukit batu di belakang Dieng Theater. Tak hanya mampu melihat indahnya pemadangan Telaga Warna saja. Namun pesona Telaga Pengilon, yang berada di samping Telaga Warna. Juga dapat dinikmati langsung oleh wisatawan.

Sebelum mencapai angel tersebut, wisatawan harus berjalan kaki sekitar 500 meter. Pemberian nama Telaga Pengilon, diambil dari kata Pengilon yang berati Cermin. Hal tersebut dikarenakan permukaan air yang sangat bening seperti cermin.

3. Telaga Dringo

Selain Telaga Warna, Telaga Dringo termasuk obyek wisata yang masuk daftar favorit para wisatawan. Adanya telaga di puncak sebuah pegunungan adalah hal yang langka. Namun kini dapat mudah ditemui, tepatnya Telaga Dringo di puncak Pegunungan Dieng.

Pemberian nama Dringo untuk telaga tersebut, terinspirasi dari nama tumbuhan Dringo yang tumbuh subur di sekitar telaga. Letak dari telaga ini berada di Desa Pekasiran, Kabupaten Banjarnegara. Di dekat telaga ini, terdapat obyek wisata Kawah Candradimuka.

Baca: Wow, Nih Candi-Candi Terpopuler di Dieng, Bumi Seribu Candi

4. Telaga Merdada

Ingin melihat pemandangan sunrise yang indah tepat berada di atas telaga. Di tambah dengan pemandangan Gunung Slamet dari kejauhan. Berkunjunglah ke Telaga Merdada adalah pilihan yang tepat bagi para wisatawan.

Telaga yang dapat ditempuh dengan menaiki Pegunungan Pangonan tersebut. Berlokasi sekitar 5 km dari kawasan wisata dataran tinggi Dieng, tepatnya di dekat Desa Karangtengah, Banjarnegara.

5. Telaga Sumurup

Ingin menikamti indahnya padang savana dan taman di bukit Teletubibies. Bagi wisatawan lokal tak perlu jauh-jauh ke luar negeri. Di kawasan wisata Dieng, dapat ditemui dan nikamti suasana tersebut.

Tepatnya Telaga Sumurup di puncak Pegunungan Pangonan. Di sisi timur pegunungan ini juga ada Telaga Merdada. Dilokasi yang sama dengan Telaga Sumurup juga terdapat Telaga Nirmala.

6. Telaga Nirmala

Meskipun terletak berdekatan, namun Telaga Nirmala memiliki keunikan tersendiri. Telaga Sumurup menggoda wisatawan dengan mitos dari air telaga ini. Menurut kepercayaan masyarakat, air Telaga Nirmala bermanfaat sebagai penyembuhan.

Namun, keindahan dari kedua telaga tersebut tak bisa dipungkiri. Telaga Nirmala dan Telaga Sumurup terletak di hamparan rerumputan yang luas. Diperikrakan, luas dari padang savana ini sekitar 10 hektar.

7. Telaga Balekambang

Telaga Balekambang merupakan telaga yang mudah dijangaku oleh wisatawan. Letaknya yang memang dekat dengan kompleks candi Arjuna. Tepatnya sebelah utara dari kawasan candi paling ikonik di obyek wisata Dieng.

Menurut cerita rakyat, mata air dari Telaga Balekambang sempat menenggelamkan kompleks candi Arjuna. Pemberian nama Balekambang, berasal dari cerita tentang sebuah pulau kecil yang selalu mengambang.

Baca: Terbongkar, 7 Keajaiban dan Fakta Tersembunyi Tentang Dieng

8. Telaga Sewiwi

Telaga yang diberi nama dari kata Sewiwi atau berarti Sayap. Memang memiliki bentuk Telaga yang seperti sayap. Telaga Sewiwi, berdekatan dengan wisata alam indah lain. Mulai dari Curug Sirawe, Kawah Sileri hingga sumber air panas Bintingan.

Bagi para wisatawan yang ingin menikmati obyek wisata tersebut dalam satu tempat. Maka perlu menaiki kendaran, hingga sampai di Kepakisan, Kabupaten Banjarnegara. Telaga Sewiwi terletak sekitar 2 km dari kompleks Candi Arjuna.

Heru Setianto Seorang perawat yang suka menulis dan sharing tentang traveling. Saat ini menjadi editor di Virday.com dan Nurse.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *