Heru Setianto Seorang perawat yang suka menulis dan sharing tentang traveling. Saat ini menjadi editor di Virday.com dan Nurse.co.id

Wow, Gunung Prahu Jadi Wisata Pendakian Terpopuler di Dieng

2 min read

Wow, Gunung Prahu Jadi Wisata Pendakian Terpopuler di Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah, Indonesia - Virday.com

Virday.com – Saat berlibur di dataran tinggi Dieng memang selalu identik akan megahnya Kompleks Candi Arjuna. Namun dibalik pesona akan candi yang telah menjadi icon dari pariwisata Dieng. Nyatanya pendakian Gunung Prahu menjadi salah satu pesona lain dari wisata di Dieng.


Seperti diketahui memang Dieng, muai dikenal akan wisata alam yang menggoda. Mulai dari bukit, gunung, telaga, curug, kawah, goa, sumur hingga sumber mata air. Bahkan Sunrise dari Bukit Sikunir, dinobatkan sebagai golden sunrise terindah dan terbaik di Asia Tenggara.

Tak mau kalah dengan pesona dari Bukit Sikunir, Gunung Prau mulai kian populer di kalangan para wisatawan. Bersama dengan Gunung Pangonan dan Bukit Sikunir, Gunung Prau menjadi gunung dan bukit yang paling sering dikunjungi sampai sat ini.

1. Dimana Tepatnya Lokasi Gunung Prau di Dieng?

Gunung Prau secara administratif terletak di dataran tinggi Dieng, tepatnya meliputi Kabupaten Wonsobo, Kabupaten Banjarngera, Kabupaten Batang dan Kabupaten Kendal. Tak hanya Gunung Prau saja yang kian populer, Gunung Pangonan juga kian diminati.

Di dataran tinggi Dieng sendiri, terdapat beberapa gunung yang kurang populer. Mulai dari Gunung Sipandu, Gunung Jurah Grawah, Gunung Gajah Mungkur, Gunung, Gunung Nagasari dan Gunung Pangaumn-amun.

2. Berapa Ketinggian dari Gunung Prau, dan Apa Julukannya?

Sebenarnya Gunung Prau sendiri dikenal dengan sebutan “Gunung Seribu Bukit”. Julukan tersebut belum diketahui awalnya diberikan oleh siapa. Sementara Gunung Prau diketahui berada di ketinggian 2.365 meter di atas permukaan laut (mdpl).

3. Gunung Apa Saja yang Dapat dilihat di Gunung Prau?

Seperti halnya denga Bukit Sikunir, saat kita mencapai Gunung Prau. Deretan Gunung yang mengelilingi dataran tinggi Dieng akan terlihat jelas. Mulai dari yang terdekat yakni Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

Kemudian tampak dari kejauhan akan terlihat gunung lain, seperti Gunung Merapi hingga Gunung Merbabu. Seakan mengintari para wisatawan yang tengah berdiri di atas Gunung Prau.

4. Pesona Indah Apa Saja yang dimiliki Gunung Prau?

Selain melihat deretan gunung menjulang tinggi seperti yang disebutkan di atas. Spot Sunrise dari Gunung Prau juga tak kalah indahnya dengan Bukit Sikunir. Untuk mendaptkan Golden Sunrise terbaik, wisatawan sebaiknya memilih di bulan Juli dan Agustus.

Baca: Wow, Golden Sunrise Sikunir Dieng Terindah di Asia Tenggara

Keneragaman flora dan fauna juga akan ditemui di atas puncak Gunung Prau. Burung Elang Jawa, Kera Hitam hingga Babi Hutan adalah satwa khas yang menghuni di Pegunungan Prau.

Kemudian salah satu flora yang cukup menarik yang ada di Gunung Prau yakni Kantong Semar. Salah satu tanaman dikenal sebagai pemangsa daging. Serangga merupakan salah satu makanan dari tumbuhan unik tersebut.

5. Bolehkan Mendirikan Tenda di Atas Gunung Prau?

Tentu saja, salah satu dari tujuan mendaki gunung bukan kah untuk mendirikan tenda. Nah, di puncak Gunung Prau terdapat Camp Ground khusus untuk para pendaki.

Di bumi perkemahan tersebut, para pendaki dapat melewati malam bertabur akan bintang. Namun dengan syarat, kalau cuaca tengah cerah dan tidak mendung pastinya.

Baca: Top View 8 Telaga Terindah di Puncak Dataran Tinggi Dieng

6. Cara Mendaki Gunung Prau Lewat Jalur Mana Saja?

Setelah tertarik untuk mendaki salah satu gunung yang menjadi primadona di Dieng. Beberapa pendaki biasanya mencari tahu terakit jalur pendakian yang mudah dan cepat sampai.

Untuk melakukan pendakian Gunung Prau sendiri, diketahui ada tiga jalur alternatif yang bisa dipilih oleh para pendaki.

a. Pendakian Gunung Prau Via Desa Patak Banteng

Sampai saat ini, jalur melalui Desa Patak Banteng menjadi favorit dari para pendaki dan wisatawan. Pasalnya Desa tersebut memang tepat berada di kawasan dataran tinggi Dieng.

Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai Gunung Prau, dapat ditempuh dalam waktu sekitar 2-3 jam pendakian. Namun rute yang dilalui melalui jalur Selatan ini, cukup terjal. Maka para pendaki lebih berhati-hati saat melakukan perjalanan.

b. Pendakian Gunung Prau Via Desa Dieng Kulon

Salah satu kelebihan melakukan pendakian melalu jalur ini adalah rute yang dilalui lebih landai. Berbeda dengan melalui Desa Patak Banteng, rute jalannya cukup terjal.

Namun esitimasi waktu yang akan ditempuh untuk mencapai Gunung Prau, lumayan lebih lama. Kurang lebih sekitar 3-4 jam pendakian. Nah, bagi yang memilih jalur pendakian ini. Jalur ini akan melewati sebuah candi bernama Candi Dwarawat, terletak di Desa Dieng Kulon.

c. Pendakian Gunung Prau Via Desa Kenjuran

Sebelumnya Desa Kenjuran terletak di Kecamatan Sukerjo, Kabupaten Kendal. Bagi yang memilih rute jalan alternatif ini, rute ini termasuk melalui jalur pandakian dari arah Utara.

Dibandingkan dengan kedua jalur alternatif lain, jalur pendakian ini relatif paling lama. Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai Gunung Prau sekitar 6 jam perjalanan. Nah, mungkin dari sekian rute tersebut, bisa menjadi pilihan bagi yang ingin mendaki Gunung Prau.

Heru Setianto Seorang perawat yang suka menulis dan sharing tentang traveling. Saat ini menjadi editor di Virday.com dan Nurse.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *