Heru Setianto Seorang perawat yang suka menulis dan sharing tentang traveling. Saat ini menjadi editor di Virday.com dan Nurse.co.id

Wow, Golden Sunrise Sikunir Dieng Terindah di Asia Tenggara

2 min read

Wow Golden Sunrise dari Bukit Sikunir Dieng Terindah di Indonesia dan Asia Tenggara - Virday.com

Virday.com – Mengupas pesona indah wisata alam di dataran tinggi Dieng. Memang tak ada habisnya. Mulai dari bukit, gunung, telaga, curug, kawah, goa, sumur hingga sumber mata air. Dari sekian wisata alam, ada beberapa wisata telah diakui oleh dunia.

Salah satu yang sempat membuat bangga masyarakat Dieng, dan orang Indonesia pada umumnya. Dinobatkan spot sunrise dari Bukit Sikunir, sebagai Golden Sunrise terindah dan terbaik di Asia Tenggara. Mengungguli sunrise di Bukit Punthuk Setumbu, Borobudur.

Pengharagaan tersebut membuat view sunrise dari Bukit Sikunir, menjadi salah satu brand market paling menjual di pariwisata Dieng. Hal inilah yang membuat para pemburu momen matahari terbit, wajib memasukan spot Golden Sunrise Sikunir ke dalam wishlist.

1. Dimana Lokasi Bukit Sikunir Itu?

Lokasi dari Bukit Sikunir, berada di desa yang dinobatkan sebagai “Desa Tertinggi di Pulau Jawa”. Tepatnya di Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Letak dari desa ini, berada di ketinggian sekitar 2.350 meter di atas permukaan laut.

Desa Sembungan dari pusat Kota Wonosobo, berjarak sekitar 30 km. Saat wisatawan berniat berlibur di berjuluk “Desa di Atas Awan”. Maka akan langsung disambut gapura bertulis “Welcome to Sembungan Village

2. Gunung Apa Saja yang Dapat Dilihat di Puncak Sikunir?

Bukit Sikunir yang masih masuk ke dalam kawasan dataran tinggi Dieng. Pemberian nama Sikunir berasal dari kata kunir/kunyit dalam Bahasa Jawa. Posisi bukit ini diapit oleh dua gunung, yakni Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

Selain itu pemandangan Gunung Slamet juga kerap menampakan diri di antara Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Pemandangan Gunung Merapi, Gunung Merbabu hingga Gunung Ungaran, sering terlhat jelas dari bukit Sikunir.

Kalau wisatawan tengah beruntung. Bahkan tujuh puncak gunung, dapat disaksikan dalam satu tempat. Seperti gunung yang sudah disebutkan di atas, ditambah dengan Gunung Prau, Gunung Lawu serta Puncak Telomoyo.

Baca: Wow, Gunung Prahu Jadi Wisata Pendakian Terpopuler di Dieng

3. Kapan dan Bagaimana Cara dapat Golden Sunrise Sikunir?

Menurut masyarakat Desa Sembungan, waktu yang tepat untuk melihat Golden Sunrise di Bukit Sikunir. Direkomendasikan para wisatawan datang pada saat musim kemarau. Tepatnya diantara bulan Juli dan Agustus.

Pada bulan-bulan tersebut, masih jarang hujan dan langit tampak jernih. Saat terjadi transisi langit dari gelap menjadi sangat terang. Tampak dari arah timur, ada kabut tipis menutup terangnya sinar matahari. Selamat, Golden Sunrise di atas lautan awan sudah didapat.

Baca: Top View 8 Telaga Terindah di Puncak Dataran Tinggi Dieng

4. Selain Sunrise Seeing, Apakah bisa Camping dan Trekking?

Jelas sangat bisa, bahkan untuk mencapai puncak dari Bukit Sikunir. Wisatawan harus melakukan pendakian dengan kesulitan yang sedang. Ditambah jalur menuju untuk sampai ke Puncak, sudah disediakan tangga untuk memudahkan saat mendaki.

Pendakian di Bukit Sikunir, menjadi alternatif bagi para wisatawan. Terutama bagi yang ingin mendapatkan spot sunrise, tanpa perlu mendaki gunung-gunung yang tinggi. Titik awal dari pendakian ini, berada di tempat parkir kendaraan sekitar Telaga Cebong.

Nah, di sekitar telaga inilah. Para wisatawan mendirikan tenda untuk camping di malam hari, sambal menunggu Sunrise. Suhu di Telaga Cebong saat malam hari, dapat mencapai 10 derajat Celcius. Maka para wisatawan, wajib memakai pakaian yang tebal.

Baca: Pesona Candi-Candi Terpopuler di Dieng, Bumi Seribu Candi

5. Adakah Tips Lain Saat Berlibur di Bukit Sikunir di Dieng?

Sebelumnya, para wisawatan diperbolehkan mendirikan tenda di puncak Bukit Sikunir. Namun, karena dianggap merusak tanaman dan rumput di sekitar bukit. Akhirnya, pihak pengelola wisata melarang aktifitas pendirian tenda di puncak bukit.

Untuk mendapatkan panorama Golden Sunrise, wisatawan harus berada di Puncak Sikunir. Sebelum jam 3 dini hari, agar momen terbaik matahari terbit tak terlewatkan. Bagi yang Muslim, tenang. Di puncak bukit terdapat Mushola untuk melakukan ibadah shola subuh.

Kemudian pemilhan hari berkunjung saat Weekend, sangat tidak direkomendasikan. Sudah dapat dipastikan, ratusan wisatawan akan berdesakan. Demi berebut, mendapatkan spot terbaik dari Golden Sunrise.

Heru Setianto Seorang perawat yang suka menulis dan sharing tentang traveling. Saat ini menjadi editor di Virday.com dan Nurse.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *