Heru Setianto Seorang perawat yang suka menulis dan sharing tentang traveling. Saat ini menjadi editor di Virday.com dan Nurse.co.id

Info Hotel Penginapan Nyaman dan Terbaik di Dieng

3 min read

Foto Info Hotel, Homestay Nyaman dan Murah di Dieng - Tani Jiwo Hostel, Dieng Kulon, Batur - www.virday.com

Virday.com – Akomondasi bagi wisatawan adalah sarana yang wajib diberikan oleh pihak pengelola tempat wisata seperti di Dieng. Penginapan seperti hotel, hostel, wisma hingga homestay merupakan kebutuhan wajib bagi wisatawan.

Mengingat posisi Dieng yang berada di dataran tinggi, dan cukup jauh dari kota. Membuat keberadaan tempat penginapan di Dieng sebagai tempat beristirahat dan tempat tidur, selalu ramai diminati wisatawan dari luar kota.

Beberapa tempat akomondasi paling nyaman dan terbaik berikut ini, bisa menjadi refrensi saat ingin menginap di Dieng. Mulai dari Hotel Asri 1, Tani Jiwo Hostel, Wisma TIC hingga penginapan di wahana air D’qiano mendapat review baik.

1. Hotel Asri 1 di Dieng Wonosobo

Nama  : Hotel Asri 1

Alamat : Jl. Tlaga Warna No.119, Dieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56354

Telepon: 0813-2727-1127

Whats App : 082156022620

Website : hotelasridieng.com

Maps   : https://goo.gl/maps/2FbSXwqj51SfqvFR7

Dari sekian banyak homestay yang ditawarkan di Dieng, Hotel Asri 1 adalah salah satu tempat menginap paling diminati pengunjung. Hotel ini terletak tepat di Jalan Telaga Warna No.119, Dieng, Kejajar, Wonosobo.

Selain letaknya yang dekat dengan pusat wisata di Dieng, hotel ini termasuk cukup nyaman dan sangat asri. Belasan kamar dari berbagai kelas tersedia untuk para pengunjung. Tentu saja dengan tarif per malam yang relatif murah, dari kisaran Rp. 100.000 – 350.000.

Salah satu yang menarik dari Hotel Asri 1 yakni bangunan yang unik, terutama bagian dinding yang terbuat dari bambu. Suasana nyaman akan dirasakan saat menginap di hotel dengan rasa pedesan ini.

Fasilitas yang tersedia di Hotel Asri 1, mulai dari kamar mandi dalam, televisi, tungku perapian serta tersedia welcome drink. Bagi yang Muslim, hotel ini lokasinya cukup dekat dengan Masjid di Dieng.

2. Tani Jiwo Hostel di Dieng Banjarnegara

Nama: Tani Jiwo Hostel

Alama: Jl. Dieng No.31, Pauan, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah 53456

Telepon : (0286) 3302070

Website: tanijiwo.com

Maps   : https://goo.gl/maps/AbNCXJDUQqvy5Dio8

Menurut penilaian dari salah satu situs wisata ternama Trip Advisor, Tani Jiwo Hostel meraih peringkat penginapan terbaik di Dieng. Penginapan ini terletak di Jl. Raya Dieng RT 03/RW 03, Dieng Kulon.

Kelebihan dari Tani Jiwo Hostel sangat dekat dengan berbagai destinasi pusat wisata di Dieng. Bahkan untuk menuju ke kompleks Candi Arjuna, hanya berjarak sekitar tidak 0,5 km saja. Membuat penginapan ini kerap mendapat penilain positif.

Baca: Wow, Top Pesona Candi-Candi Terpopuler di Dieng

Sementara fasilitas yang ditawarkan di Tani Jiwo Hostel, tergantung kelas kamar yang dipilih. Mulai dari dengan kamar dengan tarif Rp. 120.000 untuk Dormitory 12 Bed Shared Bathroom, atau Standard Room sekitar Rp. 300.000 – 350.000 per malam.

Kemudian untuk kelas Family Room dibanderol dengan tarif Rp. 450.000. Tenang saja, kabarnya semua kamar selalu terjaga kebersihannya. Fasilitas seperti teras berjemur, dapur bersama, lounge, parkir luas, akses Wi-Fi dan lainnya.

3. Penginapan D’qiano di Dieng Banjarnegara

Nama  : D’qiano Water Park

Alamat : Jl. Kepakisan, Kuncen, Kepakisan, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah 53456

Telepon: 0852-2762-2767

Maps   : https://goo.gl/maps/8brrNxp1z9dRUcsA9

Sebenarnya di penginapan ini merupakan sebuah wahana wisata air berupa kolam air panas (Hot Spring Water Park). Selain menyediakan berbagai wahana seperti resto hingga tempat santai.

Di D’qiano Water Park ternyata menyediakan fasilitas penginapan bagi para pengunjung yang berlibur di Dieng. Untuk mencapai tempat penginapan yang berlokasi di Batur ini, wisatawan harus menempuh jarak sekitar 3-4 km dari kompleks Candi Arjuna.

Sementara untuk harga tiket masuk ke wahana ini setiap orang sekitar Rp 25.000. Kemudian tarif menginap di penginapan D’qiano dibanderol dengan tarif sekitar Rp. 500.000 – 800.000 untuk tiga orang, termasuk sarapan pagi dan gratis ke wahana wisata air.

Baca: Top Curug, Wisata Air dan Water Park Hits di Dieng

Kelebihan dari tempat penginpan ini adalah pemandangan alam yang sangat indah. Apalagi keindahan saat Sunset (matahari tenggelam) akan memanjakan mata para wisatawan yang menginap. Ditambah sekeliling penginpan yang merupakan perbukitan.

4. Wisma TIC di Dieng Wonosobo

Nama  : Wisma TIC

Alamat : Jl. Dieng No.15 km, Kalilembu, Dieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 36536

Telepon: 0812-2522-5931

Mapas : https://g.page/wisma-tic-dieng?share

Sebenarnya TIC (Tourism Information Center) adalah sebuah tempat yang dikelola oleh Dinas Pariwisata setempat yang berfungi sebagi penyedia informasi wisata di Dieng untuk para wisatawan lokal dan luar negeri.

Selain sebagai tempat untuk memberikan informasi terkait tempat wisata bagi para wisatawan. Wisma TIC yang berlokasi tempat di kawasan wisata Dieng, juga menyediakan fasilitas akomondasi berupa tempat penginapan.

Kamar yang tersedia di Wisma TIC memang belum terlalu banyak, namun fasilitas yang diberikan cukup lengkap. Mulai dari kamar mandi dengan air hangat, tempat tidur lumayan luas serta tersedia televisi.

Sementara tarif untuk menginap di Penginapan TIC lumayan relatif mahal. Dimana setiap wisatawan harus mengeluarkan dana menginap per malam sekitar Rp. 350.000. Namun harga yang ditawarkan sebanding dengan kenyaman yang akan wisatawan terima.

5. Homestay Nyaman di Dieng Plateau Wonosobo

Tercatat puluhan homestay dengan harga relatif murah di Dieng Plateau Wonosobo. Bahkan menjadi salah satu penginapan yang dikelola langsung oleh penduduk setempat. Fasilitas yang ditawarkan tak kalah lengkap dengan hotel di atas.

Mulai dari tempat tidur nyaman, kamar mandi dalam, air panas, dapur, televisi dan lainnya. Tarif yang ditawarkan mulai dari Rp 75.000 per malam. Hingga Rp. 750.000 – 950.000 untk menyewa satu rumah dengan 3-4 kamar.

Mengingat Dieng berada pada ketinggian 2.000 m di atas permukaan laut. Maka cuaca di Dieng memang dikenal cukup dingin, ditambah saat malam menjelang. Tempat penginapan menjadi prioritas bagi para pengunjung saat berlibur di Dieng.

Sebenarnya banyak hotel berbintang empat hingga lima di luar kawasan wisata Dieng. Namun letaknya yang cukup jauh dari pusat wisata Dieng. Kebanyakan hotel-hotel tersebut berada di pusat kota, terutama di Kota Wonosobo dan Kota Banjarnegara.

Maka untuk menjangkau tempat hotel tersebut, wisatawan harus menempuh perjalan waktu yang tak sedikit. Maka pada ulasan kali ini, hanya menulis beberapa hotel dan penginapan seperti homestay yang letaknya tak jauh dari Dieng.

Mari vote dan nilai tempat ini 🙂
[Vote: 3 ]
Heru Setianto Seorang perawat yang suka menulis dan sharing tentang traveling. Saat ini menjadi editor di Virday.com dan Nurse.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *