Heru Setianto Seorang perawat yang suka menulis dan sharing tentang traveling. Saat ini menjadi editor di Virday.com dan Nurse.co.id

Top Fenomena dan Event Menakjubkan Hanya Terjadi di Dieng

2 min read

Top Fenomena dan Event Menakjubkan Hanya Terjadi di Dieng - Rambut Gimbal - Jazz Atas Aawan - www.virday.com

Virday.com – Pesona akan dataran tinggi yang berjuluk ‘Negeri di Atas Awan’ menang tak ada habisnya. Mulai dari fenomena alam berupa kabut abadi yang menyelimuti kawasan Dieng. Hingga embun di pagi hari yang menjadi beku seperti es.

Tak hanya fenomena alam yang menakjubkan terjadi di dataran tinggi Dieng. Berbagai kekayan seni dan budaya lokal masih tetap dilestarikan oleh warga setempat. Salah satu tradisi yang dilirik oleh wisatawan Internasional adalah pencukuran rambut gembel.

Faktanya memang di Dieng, banyak anak-anak dengan rambut gembel (gimbal). Beberapa fenomena alam dan event menakjubkan yang terjadi di dataran tinggi Dieng. Semakin menarik untuk diketahui bukan, silahkan simak list berikut.

1. Fenomena Alam Embun Membeku di Suhu 0° C

Embun Upas adalah sebuah fenomena alam berupa embun yang membeku akibat suhu udara sekitar mencapai 0 derajat Celcius pada waktu pagi hari. Di dataran tinggi Dieng istilah Embun Upas dikenal sebagai embun racun.

Fenomena Embun Epus tersebut biasanya terjadi di Dieng pada musim kemarau. Tepatnya sekitar bulan Juli sampai Agustus. Kejadian ini kerap diabadikan oleh para wisatawan saat berlibur di bulan-bulan tersebut.

Dimana hamparan embun yang membeku di atas tanaman sekitar obyek wisata Dieng. Menjadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan. Namun dipihak lain Embun Upas malahan merusak tanaman seperti kentang miliki para petani Dieng.

2. Fenomena Kabut Abadi Menyelimuti Negeri di Atas Awan

Kabut adalah salah satu fenomena alam yang biasa terjadi di daerah pegunungan ataupun tempat dataran tinggi. Bagi yang biasa tinggal di daerah pegunungan pasti sudah terbiasa akan adanya kabut.

Baik kabut yang datang saat menjelang malam ataupun setelah fajar menunju pagi. Terkadang kabut juga datang di siang hari saat cucaca tengah mendung. Fenomena kabut tersebut juga kerap terjadi di dataran tinggi Dieng.

Baca: Pesona Candi-Candi Terpopuler di Dieng, Bumi Seribu Candi

Kabut tebal yang menyelimuti di kawasan Dieng sepanjang waktu, membuat fenoman kabut yang terjadi disebut sebagai Kabut Abadi. Hal yang wajar, pasalanya Dieng memang berada di ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut dan memiliki cuaca dingin.

3. Event Pencukuran Rambut Gembel Anak-Anak Dieng

Pencukuran Rambut Gembel adalah sebuah tradisi masyarakat di kawasan Dieng dengan melakuakan pemotongan rambut gembel anak-anak Dieng. Tradisi yang telah berjalan lama ini sering dikaitakan dengan hal-hal spiritual dan mistis.

Menurut kepercayaan masyarakat setempat, seorang anak yang berambut gembel di Dieng merupakan keturunan para leluhur (Pepunden Dieng). Salah satu ciri-ciri paling khas dari anak yang akan tumbuh rambut gembel, yakni demam tinggi akan diderita anak tersebut.

Seperti diketahui bahwa rambut gembel adalah rambut yang menggumpal. Biasanya rambut gembel identik dengan para musisi dengan genre Reggae.

Sebelumnya untuk melakukan acara Pencukuran Rambut Gembel, orang tua yang mempunyai anak dengan rambut gembel. Mereka harus mengelurakan uang tak sedikit untuk upacara pemotongan tersebut.

Namun beberapa tahun terakhir, pihak masyarakat Dieng dan Pemerintah setempat. Memasukan kegiatan tradisi tersebut ke dalam acara Dieng Culutre Festival (DCF). Bahkan upacara tradisi Pencukuran Rambut Gembel menjadi brand market paling menjual.

Secara singkat tradisi tersebut diawali dengan pemanjatan doa, kemudian tokoh spiritual melakukan pengasapan dengan kemenyan di kepala sang anak. Baru proses pemotongan rambut dilakukan, secara ceremonial pemotongan dilakukan oleh para tamu undangan.

Baca: Top View 8 Telaga Terindah di Puncak Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah

Acara prosesi pemotongan tersebut selama beberapa tahun terkahir dilakukan terus di halaman Kompleks Candi Arjuna. Setelah rambut selesai dipotong, kemudian potongan rambut tersebut dimasukan ke dalam kain putih dan dilarung di Telaga Warna Dieng.

4.  Event Musik Kekinian di Dieng, Jazz Atas Awan

Jazz Atas Awan adalah sebuah acara musik dengan genre Jazz yang digelar di Kompleks Candi Arjuna, Dieng Kulon, Banjarnegara. Acara musik yang mengambil nama Jazz Atas Awan, merupakan salah satu event ke dalam list acara Dieng Culutre Festival (DCF).

Konser musik tersebut merupakan hasil kerjasama antara Dinas Pariwisata dari Pemerintah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonsosbo. Tercatat Jazz Atas Awan selalu dihelat pada acara DCF sejak tahun 2009 silam.

Dalam setiap acara Jazz Atas Awan, deretan bintang papan atas selalu diundang di acara ini. Mulai dari musisi Jazz legenda tanah air, hingga musisi Jazz pendatang baru. Tak lupa para musisi lokal juga ikut meramaikan acara konser musik tahunan tersebut.

Baca: Top 4 Makanan Khas Dieng Paling Enak, Awas Ketagihan

Setelah memasukan wishlist beberapa event di atas saat berkunjung ke Dieng. Jangan lewatkan berwisata kuliner khas di Dieng yah.

Kuliner Dieng dikenal akan hidangan yang menghangatkan badan, sangat cocok di suhu udara yang memang dingin.

Mari vote dan nilai tempat ini 🙂
[Vote: 2 ]
Heru Setianto Seorang perawat yang suka menulis dan sharing tentang traveling. Saat ini menjadi editor di Virday.com dan Nurse.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *